Taman Wisata Alam Grojogan Sewu

Taman Wisata Alam Grojogan Sewu merupakan daerah pegunungan yang secara administrasi pemerintahan termasuk kedalam wilayah Desa Tawangmangu, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karang Anyar, sedangkan secara pengelolaan termasuk kedalam Resort KSDA Lawu Utara, SSWK Surakarta.

Konfigurasi TWA Grojogan Sewu adalah pegunungan dengan topografi bergelombang dan berada di ketinggian 950 meter diatas permukaan laut. Grojogan Sewu saat ini ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam berdasarkan Surat Keputusan Menteri pertanian Nomor : 264/Kpts-Um/10/1968 tanggal 12 Oktober 1968 seluas 64,30 Ha.

Potensi flora dan fauna yang ada di TWA Grojogan Sewu didominasi oleh tumbuhan pinus dan Kera Ekor Panjang. Potensi wisata yang menjadi daya tarik Grojogan Sewu sehingga banyak di kunjungi wisatawan baik dari dalam dan luar Propinsi adalah sungai dan air terjun yang indah dengan suasana sejuk berhawa dingin serta terdapat sumber air yang menurut kepercayaan masyarakat setempat, bila ada pengunjung yang membasuh muka dengan air tersebut maka akan menjadi awet muda.

Akses untuk mencapat Taman Wisata ini adalah bisa melalui Semarang – Surakarta – Tawangmangu lebih kurang 140 Km yang dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum. Informasi Pengelola TWA Grojogan Sewu : Balai KSDA Jawa Tengah, Jl. Mentri Soepeno 1/2 Lt. IV Semarang 50243. Telp. (024)8414750.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s