Besok, mobil plat merah haram pakai BBM subsidi

Sesuai dengan instruksi Presiden SBY tentang penggunaan BBM bersubsidi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik menyatakan, mulai 1 Juni besok, seluruh kendaraan dinas yang berada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi dilarang menggunakan bahan bakar minyak bersubsidi.

Cara pembatasannya adalah dengan menempelkan stiker pada seluruh kendaraan-kendaraan dinas, baik berpelat merah maupun hitam. Namun stiker diutamakan ditempel untuk kendaraan dinas yang berpelat hitam karena yang berpelat merah lebih mudah dikenali oleh masyarakat.

Target penghematan BBM subsidi dengan pelarangan ini diperkirakan bisa mencapai 135 ribu kiloliter hingga akhir tahun. Jumlah ini ditargetkan bisa melonjak pada tahun depan jika sudah diberlakukan di seluruh wilayah Indonesia. Paling penting dari kebijakan ini intinya adalah menjadikan pemerintah sebagai pelopor dalam penghematan BBM subsidi.

Sosialisasi ini akan disampaikan kepada petugas-petugas SPBU di Jabodetabek mulai besok dan stikerpun akan mulai dibagikan dipasang pada setiap kendaraan dinas. Stiker tersebut berbahan kuat sehingga tidak akan mudah rusak.  Namun bila ada kerusakan karena dirobek oleh PNS-nya, akan ada sanksi yang tegas bergantung pada lembaga tempat ia bekerja. Bisa berupa teguran tertulis hingga penarikan mobil dinas.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s